cerita motivasi

Kisah Cerita Motivasi Pendek Yang Bisa Dijadikan Pelajaran Hidup

Sebuah kisah cerita motivasi pasti harapannya akan memberikan pesan moral yang dapat menambah energi dan semangat kehidupan agar kita terus tetap berani melangkah dalam menjalani lika-liku kehidupan dan berbagai masalah.

Cerita Motivasi Pendek

Berikut ini adalah ada kisah cerita motivasi pendek yang bisa menginspirasi kita semua.

Cerita Motivasi dari Tupai dan Semut Hitam

Alkisah pada sebuah kota kecil ada seorang petani yang sedang duduk di tepi sawah. Dia duduk sambil memandangi sawahnya yang luasnya tidak seberapa itu. Pada samping sawah tersebut ada juga ladang miliknya. Dan pada ladang tersebut, dia menanam pohon rambutan, pohon sirsak dan mangga. Hatinya merasa sangat senang melihat pohon-pohon yang akan panen. Sambil menghitung berapa banyak buah yang akan terhitung dan keuntungan yang dia dapat, tiba-tiba dia melihat seekor tupai meloncat dari pohon ke pohon lainnya. 

Lalu munculah kesedihan dalam hatinya bahwa tupai akan merusak panennya tahun ini. Ternyata wajah petani tersebut membuat rasa haru pada semut hitam. Raja semut hitam yang melihatnya segera mengumpulkan pasukannya untuk mengusir tupai tersebut. Jadi, semut hitam berbaris dari akar pohon yang paling bawah sampai batang pohon yang paling tinggi.

Tupai yang melihat semut hitam yang berbaris langsung pergi dari pohon ladang tersebut. Konon cerita, semut hitam adalah musuh dari tupai, karena kekompkan semut hitam dan memiliki jumlah yang banyak. Maka dari itulah tupai tidak berani dengan semut hitam. Lalu petani tersebut penasaran mengapa tupai tiba-tiba pergi dari ladangnya.

Padahal dia sudah yakin tidak ada yang bisa menangkap tupai. Karena tupai adalah binatang yang sangat pandai dalam meloncat. Karena kepandaiannya itu, banyak petani yangmenjadi rugi karena buah panenan nya banyak yang rusak karena tupai tersebut. Lalu petani tersebut mendekati pohon tersebut dan melihat semut yang sedang berbaris pada pohonnya. Petani tersebut bersyukur karena semut hitam telah berhasil mengusir hama tupai dari ladangnya. Kisah ini mengingatkan bahwa sepandai-pandainya tupai meloncat, pasti akan jatuh juga. Karena tidak ada manusia yang sempurna pada dunia ini.

Motivasi yang bisa kalian ambil :

Sepandai apapun kita, tentunya pasti memiliki kekurangan. Tupai yang pandai meloncat pun, tetap memiliki kekurangan. Kekurangannya yaitu takut pada semut hitam. Tuhan sudah memberikan talenta kepada kita, gunakanlah sebaik-baiknya dalam hal yang positif. Ketika satu orang mendapatkan talenta dalam bermain musik, bukan berarti orang tersebut juga pandai dalam bidang lain. Maka dari itu, bersyukurlah apapun talenta yang Tuhan berikan pada kita. Tetaplah rendah hati, meskipun orang lain tidak sepandai kita.

Belalang Yang Selalu Meremehkan

Pada dahulu kala, hiduplah seekor belalang yang riang dan gembira. Dalam kesehariannya, dia habiskan untuk bersenang-senang terus. Sambil menikmati harinya, terkadang dia melihat juga teman-temanya yang lain sedang sibuk mengumpulkan makanan untuk persiapan pada musim kemarau. Salah seekor semut menyapanya “Wahai belalang, mengapa engkau tidak mempersiapkan makanan sebagai bekal pada saat musim kemarau nanti?” Belalang menjawab dengan remeh “Santai saja, saya tidak terlalu memikirkan hal itu”. Singkat cerita, musim kemarau pun datang.

Semua serba kering, tanaman yang dulunya hijau dan banyak menghasilkan buah, sekarang menjadi kering tidak tersisa apa-apa. Belalang pun kebingungan harus mencari makan kemana lagi, dia teringat dengan ucapan semut waktu itu kepadanya, dia sangat menyesal tidak melakukan persiapan sebelumnya. Tak lama setelah itu, belalang tergeletak pingsan karena tak sanggup menahan rasa lapar dan hausnya. Akhirnya, dia pun terselamatkan oleh semut dan memberinya makanan agar kondisinya semakin membaik.

Motivasi yang bisa kalian ambil :

Jangan pernah meremehkan segala sesuatu. Terkadang musibah tidak langsung datang begitu saja, oleh karena itu juga perlu persiapan dalam segala kemungkinan yang akan terjadi. Dengarkan juga nasehat dari teman, terkadang itu ada yang baik untuk diri kita.